Environmental Noise, Measurement, Project Experience, , ,

Rail Roughness Measurement

Pada umumnya, kebisingan kereta (Railway Noise) terjadi akibat beberapa faktor. Yang pertama adalah kebisingan yang berkaitan dengan getaran dari komponen-komponen sarana dan prasarana rel kereta seperti: rel (rail track), roda (wheel), dan gerbong kereta (train set). Faktor pertama ini berhubungan dengan rolling noise yang utamanya terjadi pada rel yang lurus, dan curve squeal noise yang terjadi pada track yang melengkung. Faktor kedua adalah kebisingan yang berkaitan dengan bising aerodinamis yang dihasilkan oleh unit train-set. Dimana terjadi turbulensi aliran udara di sekitar kereta dan turbulensi ini menghasilkan suara. Kebisingan ini umumnya terjadi pada kereta dengan kecepatan tinggi. Terdapat faktor-faktor minor lain yang berkontribusi terhadap kebisingan kereta, seperti: sistem HVAC, traction noise, bridge noise, ataupun kebisingan akibat ground vibration.

Pada kereta yang memiliki kecepatan operasional yang rendah (<200 km/jam) dan rel yang lurus, kebisingan kereta didominasi oleh rolling noise. Kebisingan ini terjadi akibat interaksi antara roda dan rel yang memicu getaran keseluruhan komponen kereta dan infrastruktur rel. Getaran ini kemudian menghasilkan suara dengan intensitas yang cukup tinggi. Pada rolling noise, getaran yang terjadi akibat kontak antara rel dan roda kereta ini meningkat seiring dengan peningkatan kekasaran permukaan roda (wheel roughness) dan permukaan rel (rail roughness) seperti ditunjukkan pada gambar dibawah. Dengan meningkatnya kekasaran-kekasaran ini maka intensitas suara rolling noise akan semakin meningkat.

Rail Roughness Visible to the Naked Eye on Railroad Track

Rolling noise dapat diprediksi dengan mempertimbangkan getaran dan radiasi suara dari setiap komponen roda dan rel. Umumnya, kontribusi dari rel dominan pada frekuensi menengah (500 Hz -1200 Hz). Sementara  bantalan rel meradiasikan suara yang dominan di frekuensi rendah (<500 Hz) dan roda kereta berkontribusi di frekuensi tinggi (>2000 Hz). 

Salah satu upaya untuk menurunkan rolling noise adalah dengan menurunkan tingkat kekasaran dari rel/roda. Penurunan ini dapat meningkatkan kenyamanan penumpang dalam gerbong, dan juga meminimalkan kebisingan kereta ke lingkungan sekitar rel kereta. Diluar kebisingan, monitoring terhadap kekasaran rel juga dapat membantu untuk menghindari menurunnya kualitas infrastruktur, biaya perawatan yang tinggi, dan resiko-resiko terhadap keamanan operasional kereta itu sendiri.

Studi Kasus: Pengukuran Kekasaran Rel Kereta di Jakarta

Tim Indoakustik diminta untuk melakukan studi dan pengukuran kekasaran rel dari sebuah jalur kereta di Jakarta. Tujuan dari studi ini adalah untuk:

  • Memperoleh data kekasaran rel dari rail track yang sudah dioperasikan.
  • Melakukan analisis karakteristik kekasaran rel dengan mengacu batas kekasaran rel berdasarkan standar yang berlaku maupun data-data karakteristik tingkat bising yang terukur.
  • Membuat rekomendasi upaya-upaya perawatan rel yang praktikal untuk memenuhi tingkat kekasaran yang diperlukan sehingga tingkat bising dalam interior train set masih memenuhi kenyamanan yang diperlukan.

Pada kegiatan ini tim Indoakustik melakukan pengukuran berdasarkan EN 15610 (2009) dan melakukan analisa berdasarkan baku mutu kekasaran rel yang diberikan pada ISO 3095/ 3381 (2005). Tim Indoakustik juga melakukan simulasi kebisingan untuk dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi praktikal untuk menurunkan tingkat tekanan suara yang dihasilkan oleh rolling noise. Simulasi kebisingan ini dilakukan dengan menggunakan framework CNOSSOS-EU. Pada gambar-gambar dibawah ini ditunjukkan bagaimana tim Indoakustik melakukan pengukuran kekasaran rel dengan menggunakan CAT (Corrugated Analysis Trolley) system.

Pengukuran Rail Roughness Jakarta 2
Measurement of Rail Rouhgness using CAT System in the Tunnel
Measurement of Rail Roughness using CAT System in Elevated Railtrack

Penutup

Bila anda atau perusahaan memiliki kebutuhan terkait pengukuran kekasaran rel, simulasi kebisingan kereta, dan juga konsultasi mengenai masalah kebisingan dan getaran pada kereta, silahkan menghubungi kontak Indoakustik. Kami dapat membantu anda untuk memecahkan persoalan dan juga berdiskusi lebih lanjut mengenai persoalan anda.

Tinggalkan Balasan

Need help?