Environmental Noise, Measurement, Project Experience, , , ,

Kebisingan Lingkungan Light Rapid Transport (LRT)

Pendahuluan

Saat ini keberadaan angkutan massal telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dalam bertransportasi di sebuah kota dan dalam mengurai kemacetan. Terdapat beberapa jenis angkutan massal seperti Mass Rapid Transport (MRT) atau Light Rapid Transport (LRT). Dalam operasionalnya, angkutan massal harus mampu memenuhi baku mutu kebisingan, baik di lingkungan maupun di dalam kabin penumpang. Baku mutu kebisingan lingkungan mengacu pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup no 48 tahun 1996 (Kementerian Lingkungan Hidup, 1996). Sementara baku mutu kebisingan dalam sarana kabin penumpang diatur pada Peraturan Menteri Perhubungan no KM 42 Tahun 2010 (Kementerian Perhubungan , 2010) yang diperbaharui pada Peraturan Menteri Perhubungan no KM 175 tahun 2015 (Kementerian Perhubungan, 2015). Salah satu angkutan massal yang sudah dibangun  di Indonesia adalah LRT Sumatera Selatan. Berdasarkan keperluan untuk memenuhi baku mutu kebisingan lingkungan, Institut Teknologi Bandung  bersama dengan tim Indoakustik diminta untuk melakukan evaluasi kebisingan lingkungan LRT Sumatera Selatan khususnya pada area lengkungan untuk menyelidiki kebisingan terkait (curve squeal noise) dan juga untuk melakukan simulasi performa sound barrier untuk mengurangi dampak kebisingan tersebut.

Pengukuran Kebisingan Lingkungan

Pengukuran kebisingan lingkungan dilakukan untuk mengetahui kondisi kebisingan pada lingkungan di sekitar jalur LRT pada dua kondisi:

  • kondisi lingkungan tanpa LRT,
  • dan kondisi lingkungan saat lewatnya LRT.

Pengukuran ini bertujuan untuk mendapat informasi yang berkaitan dengan karakteristik frekuensi dari sumber suara serta perubahan kondisi kebisingan saat adanya LRT. Pengukuran dilakukan pada 8 lokasi di sepanjang LRT Palembang yang berbentuk lengkungan, sebab kondisi bising LRT cukup dominan saat melewati jalur yang melengkung. Bising pada jalur yang melengkung ini umumnya disebut dengan curve squeal noiseBerdasarkan hasil pengukuran kebisingan lingkungan, ditemukan:

  • Terdapat tingkat bising yang signifikan pada frekuensi rendah, yang terindikasi disebabkan oleh resonansi struktur rel layang LRT.
  • Pada frekuensi menengah, bising yang signifikan juga ditemukan dan disebabkan oleh rolling noise dari LRT.
  • Pada beberapa band frekuensi ditemukan bising yang sangat signifikan yang diakibatkan oleh curve squeal noise.
Pengukuran Kebisingan Lingkungan pada Elevated Rail Track

Simulasi Kebisingan Lingkungan

Peta Kebisingan LRT Palembang pada Area Sekitar Masjid Agung Palembang

Pada pekerjaan ini, tim Indoakustik juga melakukan simulasi kebisingan lingkungan untuk memprediksi kondisi kebisingan pada lingkungan di sekitar jalur LRT. Simulasi dilakukan pada lokasi-lokasi yang sama dengan pengukuran kebisingan yang sebelumnya telah dilakukan, dan menggunakan data hasil pengukuran sebagai acuan pemodelan dalam simulasi kebisingan.

Dampak kebisingan operasional LRT ke lingkungan dievaluasi dengan membandingkan tingkat bisingnya terhadap baku mutu tingkat kebisingan lingkungan. Baku mutu ini mengacu kepada baku tingkat kebisingan di dalam Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 48 Tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Nilai baku tingkat kebisingan ini disesuaikan dengan peruntukan kawasan atau lingkungannya. Baku mutu tersebut merupakan Leq atau Tingkat Kebisingan Sinambung, yang didefinisikan sebagai nilai tertentu dari kebisingan yang berubah ubah yang setara dengan tingkat kebisingan yang tunak (steady) pada selang waktu yang sama.

Simulasi kebisingan lingkungan dilakukan dengan mengevaluasi tingkat bising ekivalen siang hari dengan mempertimbangkan durasi dan jumlah perjalanan LRT untuk setiap lengkung. Didapatkan bahwa penggunaan noise barrier setinggi 4 meter  dapat mengurangi bising ekivalen siang hari mulai dari 0,1 dBA hingga 8 dBA. Hal ini tentu saja dapat membantu lokasi-lokasi lengkungan untuk dapat  memenuhi baku mutu kebisingan.

Penutup

Bila anda atau perusahaan memiliki kebutuhan terkait pengukuran kebisingan lingkungan di sekitar jalur kereta, simulasi kebisingan kereta, dan juga konsultasi mengenai masalah kebisingan dan getaran pada kereta, silahkan menghubungi kontak Indoakustik. Kami dapat membantu anda untuk memecahkan persoalan dan juga berdiskusi lebih lanjut mengenai persoalan anda.

Tinggalkan Balasan

Need help?