Industrial Noise, Measurement, Project Experience, Uncategorized, ,

Karakteristik Noise dari Mesin Bor CNC

Mesin CNC adalah alat permesinan yang digunakan untuk memotong, membor, melakukan pembubutan, penggilingan, dll. Mesin ini berguna untuk memproses sebuah benda kerja menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan secara otomatis dengan sedikit bantuan manusia. Mesin ini terdiri dari alat manuver pemotong bermotor dan juga platformnya, dimana operasi permesinannya dilakukan oleh komputer melalui program yang sudah dibuat sebelumnya. 

Mesin CNC untuk Melakukan Pengeboran Pada Pelat Alumunium
Mesin CNC Digunakan Untuk Membuat Lubang Pada Papan Epoxy

CNC memiliki produktivitas/kepresisian yang lebih tinggi dibandingkan pemesinan non-komputerisasi, terutama untuk produksi berulang dimana mesin harus dikontrol secara manual (misalnya menggunakan perangkat seperti roda tangan atau tuas). Sebagaimana umumnya mesin-mesin konvesional, mesin CNC juga mengeluarkan suara/noise. Terdapat dua jenis suara yang keluar dari mesin CNC yaitu suara dari motor CNC dan kedua adalah suara dari proses kontak antara mata potong dan juga benda kerja. 

Pada umumnya, pada saat pemrosesan benda kerja terjadi, suara tipe kedua mendominasi karakter suara dari keseluruhan mesin CNC. Pada artikel ini, Indoakustik mencoba untuk menyelidiki bagaimana karakteristik dari suara proses pemboran dengan menggunakan mesin CNC pada pelat alumunium dan juga dua matabor yang berbeda dimana satu matabor baru dan mata bor kedua sudah aus (wear).

Karakteristik Suara Pemboran

Suara Pemboran dengan Mesin CNC dengan Mata Bor Baru dan Bekas

Pada gambar disamping diperlihatkan suara dari pemboran pelat alumunium setebal 1 mm. Pelat dibor untuk membuat dua lubang dengan depth of cut setebal 0.5 mm sebanyak tujuh kali.  Gambar disamping menunjukkan karateristik suara dengan menggunakan mata bor yang sudah aus (atas) mata bor yang baru (bawah). Terlihat dengan jelas bahwa amplituda dan durasi tiap-tiap pengeboran pada mata bor bekas lebih besar dibandingkan dengan mata bor baru. Karakteristik suara tersebut pada ranah frekuensi diperlihatkan pada gambar dibawah.

Spectrogram dari Suara Drill Mesin CNC dengan Mata Bor Baru
Spectrogram dari Suara Drill Mesin CNC dengan Mata Bor Bekas/Lama

Pada kedua gambar diatas ditunjukkan suara bor CNC dengan keadaan mata bor yang baru dan yang bekas pada ranah frekuensi. Dapat dilihat bahwa kandungan spektral mata bor baru sangat kaya pada waktu pengeboran ke-3 dan 4, sedangkan pada mata bor bekas energi suara didominasi pada pengeboran ke- 5, 6, dan 7.

Hal ini menunjukkan dengan bahwa keausan mata bor dapat dideteksi pada mesin CNC dengan menggunakan suara dari pengeboran. Hal ini juga dikonfirmasi oleh beberapa operator mesin CNC bahwa melalui pendengaran, mereka dapat mengetahui keadaan dari mata bor yang mereka gunakan. Fitur-fitur ini dapat diselidiki lebih lanjut untuk dapat digunakan sebagai deteksi keausan mata bor.

Penutup

Bila anda atau perusahaan memiliki kebutuhan terkait pengukuran kebisingan/karakteristik suara dari mesin-mesin atau alat-alat yang anda miliki, atau membutuhkan konsultasi mengenai pengembangan produk anda dari sisi suara/getaran, maka silahkan menghubungi Indoakustik. Kami dapat membantu anda untuk memecahkan persoalan dan juga berdiskusi lebih lanjut mengenai persoalan anda.

Tinggalkan Balasan

Need help?